Anies Respons Pernyataan soal Orang Toxic Jangan Masuk Kabinet

Mantan calon presiden (Capres) Anies Baswedan merespons pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal pesan yang ditujukan kepada presiden terpilih Prabowo Subianto supaya tidak membawa orang toxic ke dalam jajaran kabinetnya.

Padahal sempat tidak mau merespons hal tersebut, berdasarkan Anies tiap-tiap orang harus menghormati perbedaan cara pandang slot dan gagasan. Melainkan, Anies bilang diksi semacam itu mestinya dihindari karena berpotensi merendahkan.

“Saya rasa demikian ini ya, pikiran boleh berbeda, gagasan boleh berbeda. Melainkan satu hal, hormati perbedaan itu. Saya cenderung menghindari diksi-diksi yang memberikan label merendahkan atas perbedaan pandangan,” kata Anies di kediamannya, Jalan Lebak Bulus Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa 7 Mei 2024.

Anies mengevaluasi, perbedaan pandangan biasa dan wajar terjadi. Padahal semacam itu, ia tidak setuju pihak yang mempunyai pandangan berbeda dicap salah dan lebih buruk.

“Apalagi yang berbeda itu dianggap meracuni, belum tentu. Justru disitulah penghargaan pada prinsip demokrasi dan itu yang kami khawatirkan makin hari perlahan-perlahan makin luntur,” ujar Anies.

“Kalau anda sepaham dengan aku karenanya anda benar dan anda sehat. Melainkan kalau anda tidak sepaham dengan aku karenanya anda adalah tidak benar, anda tidak sehat. Sistem pandang yang bisa mengganggu demokrasi,” lanjutnya.

Justru, kata Anies, perbedaan cara pandang yang disikapi positif lebih menyehatkan. Karena, bakal timbul penjelasan mendalam serta argumentasi lebih luas kepada suatu hal yang menjadi obyek kritikan.

“Cuman kadang-kadang yang berada di dalam pengambilan kebijakan itu belum tentu punya kesabaran untuk berharap membeberkan dengan lengkap,” kata ia.

Jokowi Sependapat Pesan Luhut yang Minta Prabowo Tidak Bawa Orang Toxic ke Kabinet
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi setuju dengan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan supaya presiden terpilih, Prabowo Subianto tidak membawa orang toxic atau bermasalah ke kabinetnya. Menurut ia, saran Luhut kepada Prabowo tersebut adalah hal yang benar.

“Udah bener dong. Bener, bener,” kata Jokowi di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi, Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024).

Dia tidak mau merespons banyak soal pernyataan Luhut tersebut. Jokowi meminta supaya awak media menanyakan kepada Luhut soal orang toxic yang dimaksud.