Badan Otorita Happy Investor Lokal Dominan di IKN Nusantara

Wakil Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Dhony Rahajoe menuturkan, mayoritas investor yang tertarik pada pembangunan IKN Nusantara adalah investor lokal, dibandingkan investor asing.

Dhony menuturkan, saat ini masih mengantre banyak investor lokal yang tertarik dalam pembangunan IKN. Namun, pihaknya masih belum bisa mengumumkannya karena belum ada kesepakatan yang lebih konkret.

“Sekarang lebih banyak dalam negeri, kan ada tiga engine pembangunan nanti, APBN maksimum 20 persen, sisanya 80 persen dari investor lokal dan luar. Jadi ini ada tiga, APBN, investor lokal, dan investor luar,” tutur Dhony saat ditemui BTV, di Istana Negara, Selasa (3/1/2023).

Dhony mengungkapkan, pembangunan IKN Nusantara tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Saat ini, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 26 triliun untuk pembangunan IKN.

“Saat ini yang prioritas perumahan, kemudian air minum, listrik, telekomunikasi, pengolahan limbah, dan transportasi. Kita yang utama super super utama yang kita kejar. Berikutnya yang high priority sekolah, rumah sakit, lifestyle facilities, olahraga, taman-taman, mal, setelah bekerja mencari hiburan untuk para pekerja,” tegas Dhony.