Begini Siasat Memulai Bisnis meski Tak Bermodal

Ingin memulai bisnis tapi terbatas pada modal?. Jangan khawatir, Anda masih bisa memulai bisnis tanpa perlu memikirkan harus memiliki modal yang besar.

Masih dimungkinkan untuk memulai bisnis dengan sedikit uang. Jika Anda memiliki kombinasi keterampilan, etika kerja, dan pengetahuan pemasaran yang tepat.

Berikut panduan sederhana agar Anda bisa mendanai bisnis yang diinginkan ketika memiliki sedikit atau tidak ada uang sama sekali, dilansir dari laman Entepreneur.com, Kamis (14/5/2020).

  1. Buat sesuatu

Ya, membuat sesuatu memang membutuhkan biaya awal dalam persediaan, tetapi seringkali, produk ini dapat dijual berkali-kali lipat dari biaya sebenarnya. Apa yang Anda putuskan adalah terserah Anda, tetapi ada beberapa tempat yang bisa membantu Anda untuk menjual sesuatu hasil buatan tangan Anda secara online. Misalnya melalu marketplace.

Banyak pemilik bisnis menjual produk mereka di berbagai platform untuk mendapatkan pembelian sebanyak mungkin. Namun, penting untuk memastikan produk Anda tetap diperbarui di semua situs tempat Anda menjual produk.

  1. Jadi Perantara Penjual

Jika Anda tidak ingin membuat apa pun atau tidak menganggap diri sebagai orang yang kreatif, banyak pemilik bisnis yang telah mengembangkan bisnis besar hanya dengan menjual kembali produk yang telah dibuat.

Ini dapat dilakukan melalui berbagai cara atau saluran, yakni pengiriman drop dengan mengatur toko online dan bermitra dengan perusahaan pengiriman drop yang akan melakukan semua pemenuhan pesanan untuk Anda.

Anda juga bisa membuka toko barang bekas, jika tahu ke mana harus mencari. Anda dapat menemukan barang-barang di toko barang bekas, toko barang antik, pasar loak dan penjualan garasi dan menjualnya kembali secara online atau di komunitas lokal.

  1. Jual Jasa

Salah satu cara untuk memulai bisnis dengan modal pemula yang sedikit atau tidak sama sekali adalah dengan menjual jasa, alih-alih produk fisik. Ada beragam layanan yang dapat ditawarkan, tergantung pada latar belakang dan minat.

Beberapa akan memerlukan gelar tingkat lanjut, seperti akuntansi, sementara yang lain membutuhkan sedikit lebih dari pengetahuan kerja tentang bagaimana hal itu dilakukan seperti menjaga anak, memotong rumput, dan sebagainya.

Karena Anda menjual jasa, maka akan memerlukan rencana branding untuk memastikan nama dan perusahaan berada di depan orang-orang yang mungkin membutuhkan layanan tersebut.

Dengan memiliki situs web, Anda bisa untuk menunjukkan contoh pekerjaan, daftar pengalaman, dan blog tentang industri demi menarik pengunjung.