Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis, Anti Boros dan Panas!

Baterai HP yang awet tentunya menjadi idaman semua orang. Namun, seringkali penggunaan yang tidak tepat mengakibatkan baterai HP atau smartphone menjadi cepat habis.

Dengan banyak meningkatnya kecanggihan smartphone, seringkali baterai HP menjadi lebih cepat habis atau boros. Hal ini dapat disebabkan oleh aplikasi dengan kapasitas yang cukup besar, penggunaan HP yang kurang tepat, usia HP yang sudah lama, atau pengaruh sistemnya.

Meskipun begitu, kamu perlu khawatir karena terdapat berbagai macam cara untuk membuat baterai HP lebih tahan lama. Cara-cara ini berlaku untuk baterai HP merk Xiaomi, Oppo, Samsung, hingga iPhone agar tidak cepat habis. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Tips Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis

Kini, terdapat banyak HP atau smartphone yang menawarkan kapasitas yang besar, namun hal tersebut dapat membuat kamu menyimpan lebih banyak aplikasi sehingga akan lebih banyak aplikasi yang berjalan di background HP. Hal ini secara tidak tersadari dapat menghabiskan daya baterai lebih mudah. Agar lebih tahan lama, simak tips-tips berikut:

  1. Gunakan Low Power Mode atau Battery Saver Mode

Manfaatkanlah fitur low power mode atau battery saver mode agar baterai HP tidak cepat habis dan tahan lama. Fitur ini berfungsi untuk menghentikan aplikasi yang berjalan pada background HP yang memakan daya cukup besar.

Biasanya fitur ini perlu diaktifkan secara manual sehingga kamu perlu mengaturnya sendiri melalui menu pengaturan HP.

  1. Tidak Menggunakan HP Saat Sedang Mengisi Daya (Charging)

Menggunakan HP saat sedang mengisi daya atau charging dapat meningkatkan temperatur pada baterai sehingga meningkatkan tekanan dan membuatnya kehilangan efektivitas lebih cepat, lho!

Maka dari itu, Toppers harus menahan diri untuk memainkan HP saat sedang di charge. Selain itu, temperatur HP juga bisa naik ketika kamu menaruh HP di dekat material isolator, seperti di bawah bantal, serta meletakkan HP yang sedang di charge di atas mesin atau alat elektronik lainnya.

  1. Atur Tingkat Kecerahan Layar HP

Cara agar baterai HP tidak cepat habis selanjutnya adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar HP. Semakin rendah tingkat kecerahannya maka akan semakin sedikit pula daya yang digunakan oleh baterai HP.

Selain tingkat kecerahan, kamu juga bisa mengatur display time layar yang tidak terlalu lama, misalnya 1 menit untuk mematikan layar secara otomatis.