Cara Aman dan Tepat Cek Pemilik Nomor Telepon

Maraknya kasus penipuan dan peretasan yang terjadi lewat telepon seringkali membuat kita was-was saat menerima panggilan dari orang tak dikenal. Banyak kerugian yang sering dialami, seperti kebobolan rekening, penipuan pinjaman online, hingga berpura-pura jadi orang yang kita kenal.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi. Kini ada banyak cara untuk membuat pengguna jadi lebih waspada saat menerima panggilan dengan mengecek pemilik nomor telepon.

Beragam aplikasi yang termasuk ke dalam kategori Caller ID dapat membantu kamu untuk mengetahui pemilik nomor telepon orang lain. Bahkan beberapa di antaranya dapat mengetahui lokasi dan status nomor tersebut jika termasuk ke dalam nomor spam atau penipuan.

Cek Pemilik Nomor Telepon dengan Aplikasi

Demi alasan keamanan, kamu perlu mengecek pemilik nomor telepon saat menerima panggilan dari nomor tidak dikenal untuk menghindari berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Berikut ini aplikasi yang bisa kamu coba:

Get Contact

Aplikasi Get Contact cukup viral akhir-akhir ini karena pengguna bisa mengetahui nama tag dari nomor seseorang. Tag pada nomor telepon berasal dari orang lain yang menyimpan nomor tersebut.

Ada banyak fitur yang bisa digunakan dalam aplikasi ini, seperti Spam Protection untuk mengetahui nomor spam yang menelepon, pemblokiran nomor, hingga mengetahui orang lain yang melihat tag.

Dan, ada pula fitur identifikasi nomor yang sedang menelepon tanpa perlu melihat tag.

True Caller

Bagaikan buku telepon tanpa batas, True Caller dapat membantumu untuk mencari kontak dari nama atau nomor meskipun nomornya belum kamu simpan untuk mengetahui detail pemilik nomor ponsel tersebut.

Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 250 juta di seluruh dunia. Tanpa perlu mengganti nomor untuk menghindari berbagai gangguan panggilan, kamu bisa memblokir panggilan melalui aplikasi ini.

Selain dapat mengidentifikasi panggilan masuk, True Caller dapat melacak profil orang lain yang melihat nomor teleponmu. Aplikasi cek pemilik nomor ini dapat kamu unduh secara gratis di Play store atau App Store.

Whoscall

Tanpa akses internet, kamu bisa mengidentifikasi panggilan masuk yang datang ke ponselmu dengan aplikasi Whoscall.

Berbagai macam fitur bisa kamu gunakan dengan mudah, seperti panggilan yang mengganggu dari robot call, telemarketing, penipuan, spam dan lainnya serta mengetahui siapa yang akan di telepon.

Saat menggunakan Whoscall, pengguna bisa mendapatkan informasi mengenai toko dan restoran untuk menyambungkan jutaan pemilik bisnis dengan para pengguna.