Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone untuk Dipakai di Perangkat Lain

Buat kamu yang membutuhkan koneksi internet di laptop namun area tersebut tak ada wifi, hotspot HP bisa jadi alternatif. Hotspot atau tethering HP ini berguna untuk menyambungkan perangkat dengan koneksi internet yang didapat dari HP.

Setiap smartphone biasanya dibekali fitur hotspot, salah satunya iPhone. Mirip dengan smartphone berbasis Android, cara hotspot iPhone aktif dan nyala tidak jauh berbeda.

Namun, mungkin bagi kamu yang terbiasa dengan tampilan android akan kebingungan mengaktifkan hotspot di iPhone karena tidak ada pada menu peramban layar. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan, dirangkum dari keterangan resmi Apple. Simak sampai habis, ya!

Cara Mudah Aktifkan Hotspot iPhone dan Memakainya

Mengaktifkan tethering atau hotspot iPhone dapat dilakukan dalam tiga cara, yaitu dengan Wi-Fi, USB, dan bluetooth. Berikut adalah caranya:

Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone dan Menyambungkannya dengan Wi-Fi

• Buka “Pengaturan”
• Lalu klik “Hotspot Pribadi”
• Pastikan fungsi tersebut sudah dinyalakan atau tidak.
• Setelah itu, verifikasikan kata sandi Wi-Fi tersebut dan juga nama ponsel.
• Sekarang, pada perangkat yang akan disambungkan, buka “Pengaturan” lalu “Wi-Fi,” dan cari nama yang sudah kamu tentukan di daftar WiFi yang tersedia.
• Kemudian, ketuk jaringan Wi-Fi tersebut untuk turut bergabung. Apabila diperlukan dan diminta, masukkan kata sandi untuk Hotspot Pribadi.

Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone dan Menyambungkannya dengan Bluetooth

Hotspot Pribadi ini juga berlaku untuk Mac dan PC atau juga perangkat ketiga lainnya, tinggal ikuti petunjuk dari produsen tentang bagaimana cara mengatur sambungan jaringan Bluetooth.

Cara menyambungkan Hotspot Pribadi lewat Bluetooth adalah sebagai berikut.

• Buka menu “Pengaturan” lalu klik “Hotspot Pribadi” dan pastikan “Izinkan Akses” sudah menyala.
• Jangan menutup layar lalu ikuti langkah-langkah berikut agar perangkat bisa terhubung.
• Caraya, ketuk “Pengaturan”, lalu “Bluetooth”. Pastikan Bluetooth telah dinyalakan.
• Sekarang ketuk perangkat Toppers yang menyediakan Hotspot Pribadi, lalu konfirmasi kode yang sedang ditampilkan. Tekan “Pasangkan” untuk kedua perangkat.

Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone dan Menyambungkannya dengan USB

Sebelum menghubungkan Hotspot Pribadi melalui USB, pastikan dulu bahwa kamu memiliki perangkat yang serupa yakni iTunes versi terbaru di Mac dan/atau PC.

Barulah kamu bisa sambungkan iPhone ke PC atau Mac menggunakan kabel USB yang sudah disertakan bersama perangkat. Apabila muncul peringatan yang mengatakan “Percayai Komputer Ini?” maka ketuk “Percayai.”

Pastikan kamu bisa menemukan iPhone di iTunes atau Finder di Mac. Apabila Mac tidak mengenali perangkat iPhone, coba gunakan kabel USB lainnya.

Agar hotspot iPhone bisa terpasang aman sempurna selanjutnya adalah dengan mengatur kata sandi Wi-Finya. Cara mengubahnya adalah dengan membuka “Pengaturan” lalu klik “Seluler” kemudian tekan “Hotspot Pribadi.” Bisa juga ketuk “Pengaturan” lalu Hotspot Pribadi” kemudian ketuk kata sandi Wi-Fi.