Daftar Orang Terkaya di Dunia & Bisnis yang Membuat Mereka Kaya

Kekayaan orang-orang terkaya di dunia memang fantastis dan sering membuat kita menggelengkan kepala. Namun, apa sih pekerjaan atau usaha yang mereka jalankan sehingga bisa memiliki kekayaan hingga ribuan triliunan rupiah?

Nah, sesuai dengan judul artikel, kali ini kita akan fokus mengulas daftar orang terkaya di dunia dan bisnis yang membuat mereka sukses, Kalian. Terlepas dari cerita hitam-putih mengenai bisnis mereka, orang-orang ini adalah para “game changer” yang mengubah dunia sehingga layak menjadi inspirasi kita.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah daftar orang terkaya di dunia tahun 2022. Baca sampai tuntas ya, Kalian.

Daftar Orang Terkaya di Dunia 2022

Deretan orang-orang terkaya di dunia tahun 2022 memiliki jajaran bisnis dan perusahaan di bawah nama mereka. Perlu diketahui bahwa daftar orang terkaya di dunia berikut ini berasal dari daftar Orang-Orang Terkaya di Dunia versi Forbes tahun 2022.

Mukesh Ambani ($90,7 Miliar)

Mukesh Ambani adalah seorang milyuner dan industrialis India. Sumber kekayaannya berasal dari perusahaan Reliance Industries Ltd. yang menghasilkan pendapatan sebesar Rp74 miliar. Kekayaaannya saat ini mencapai $90,7 miliar atau sekitar Rp1,350 triliun.

Perusahaan Reliance Industries Ltd. bergerak di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, dan retail. Kontribusi Mukesh Ambani berperan besar dalam perkembangan India menuju kehidupan yang lebih modern.

Steve Ballmer ($91,4 Miliar)

Orang terkaya ke-9 di dunia tahun 2022 adalah Steve Ballmer. Sebagai mantan CEO Microsoft, ia memimpin Microsoft menuju kegemilangan selama 14 tahun. Kekayaannya saat ini telah mencapai $91,4 miliar atau sekitar Rp1,360 triliun. Di samping kariernya di Microsoft, ia juga menjadi pemilik tim basket Los Angeles Clippers.

Larry Ellison ($106 Miliar)

Orang terkaya ke-8 di dunia saat ini dipegang oleh Larry Ellison, salah satu pendiri dan pemimpin perusahaan teknologi komputer Amerika Oracle. Kekayaan Larry Ellison saat ini mencapai $106 miliar atau sekitar Rp1,576 triliun. Selain dari Oracle, kekayaan Larry Ellison juga berasal dari saham yang dimilikinya di Pulau Lanal sebesar 98%.

Sergey Brin ($107 Miliar)

Seperti yang kita ketahui, Google merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Di balik mesin pencari raksasa yang menjalar ke berbagai sudut dunia, ada Sergey Brin yang turut menemukan dan mengembangkan Google bersama Larry Page. Kekayaan Sergey Brin ditaksir mencapai $107 miliar atau sekitar Rp1,591 triliun.

Brin sempat menjadi presiden di Alphabet, perusahaan induk Google, sebelum akhirnya mengundurkan diri. Akan tetapi, ia tetap menjadi pemegang saham di perusahaan tersebut.

Larry Page ($111 Miliar)

Dari Sergey Brin di posisi ke-7, kita menemukan rekan Brin di Google, Larry Page, di urutan orang terkaya keenam di dunia. Sebagai pendiri mesin pencari raksasa global, Larry Page memiliki kekayaan mencapai $111 miliar atau berkisar Rp1,651 triliun.

Larry Page juga mendirikan algoritma peringkat pencarian Google, PageRank, serta berinvestasi di startup mobil terbang Kitty Hawk and Opener. Page juga sempat mendapatkan penghargaan The Marconi Prize bersama Sergey Brin atas jasa dan dedikasinya di bidang telekomunikasi.

Warren Buffett ($118 Miliar)

Dikenal sebagai “Peramal” dan “Orang Bijaksana” oleh media global, Warren Buffett merupakan orang terkaya di dunia di posisi ke-5. Minatnya terhadap bisnis dan investasi sudah muncul sejak kecil. Hal inilah yang mendorong dirinya menjadi salah satu investor tersukses sepanjang masa. Saat ini, kekayaan Buffett mencapai $118 miliar atau sekitar Rp1,755 triliun.

Buffett menjadi milyuner di tahun 1962 karena partnership yang ia lakukan dengan beberapa perusahaan. Disamping berinvestasi, Buffett juga menjalankan Berkshire Hataway, sebuah perusahaan multinasional yang membawahi GEICO, Duracell, Dairy Queen, dan lain-lain.

Bill Gates ($129 Miliar)

Bill Gates menempati posisi keempat di daftar orang terkaya di dunia. Sebagai pendiri Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, Bill Gates selalu termasuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia sejak tahun 1987. Total kekayaan Bill Gates saat ini mencapai $129 miliar atau sekitar Rp1,918 triliun.

Kekayaan dari Microsoft tidak lantas membuat Bill Gates gelap mata. Ia aktif melakukan donasi dan amal ke berbagai organisasi dan institusi penelitian melalui Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah badan amal yang ia dirikan dan juga salah satu badan amal pribadi terbesar di dunia.

Bernard Arnault dan Keluarga ($158 Miliar)

Posisi ketiga di daftar orang terkaya di dunia ditempati oleh pengusaha asal Prancis bernama Bernard Arnault. Menjadi orang terkaya di Prancis, Bernard Arnault melebarkan sayapnya di berbagai brand fashion mewah, mulai dari Christian Dior, Loewe, Marc Jacobs, Sephora, Dom Perignon, Hennessy, dan lain-lain. Kekayaan Bernard Arnault diperkirakan mencapai $158 miliar atau sekitar Rp2,354 triliun.

Bernard Arnault memiliki awal yang tidak biasa sebagai CEO dari perusahaan produk mewah, yaitu dengan menjadi insinyur dan pengembang properti di perusahaan keluarganya. Terlepas dari itu, Bernard Arnault memiliki ambisi dan kejelian terhadap brand yang ia akuisisi hingga brand-brand tersebut dikenal banyak orang.

Jeff Bezos ($171 Miliar)

Di posisi kedua, terdapat Jeff Bezos sebagai salah satu orang terkaya di dunia berikutnya. Sebelum meraih posisinya saat ini, Jeff Bezos memulai bisnisnya dari sebuah garasi di Seattle. Kegigihan Jeff Bezos dalam mengembangkan bisnis e-commercenya telah menghasilkan kekayaan yang ditaksir mencapai $171 miliar atau sekitar Rp2,548 triliun.

Selain memiliki perusahaan Amazon dan surat kabar The Washington Post, ia juga mendirikan layanan pabrikan aerospace di mana ia juga berperan sebagai astronot komersial. Bezos juga dinamai sebagai “orang terkaya di sejarah modern”.

Elon Musk ($219 Miliar)

Di posisi pertama, orang terkaya di dunia saat ini adalah Elon Musk! Ia banyak berfokus dalam mengembangkan atau mengakuisisi produk dan layanan berteknologi masa depan yang canggih seperti SpaceX dan pengembangan AI. Di Tesla, Elon Musk juga menjadi investor awal untuk produk mobil listrik. Saat ini, kekayaan Elon Musk mencapai $219 miliar atau sekitar Rp3,263 triliun.

Ide-ide jenius Elon Musk turut menyumbangkan pemikiran tentang kemajuan kebudayaan manusia. Musk memberikan konsep awal SolarCity, penyedia sistem teknologi tenaga surya, serta turut serta mendirikan Neuralink, sebuah perusahaan startup di bidang neurotechnology.