Daftar Proyek Ambisius Arab Saudi, Kepingan ‘Surga Dunia’

Arab Saudi kembali mengumumkan proyek ambisius dalam rangka menggenjot ekonomi dan pariwisata negaranya. Terbaru, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) mengatakan akan segera membangun ‘Pulau Surga’ di Pulau Sindalah Saudi sebagai bagian dari proyek ambisius NEOM.

Sindalah merupakan satu dari sekian banyak gugusan kepulauan di Arab Saudi dengan luas 840 ribu meter persegi. Dikutip dari Arab News, pulau ini bakal jadi ‘rumah’ bagi deretan yacht hingga apartemen super mewah di negara tersebut.

Pulau Sindalah juga akan menjadi gerbang awal wisata ‘surga dunia’ yang terletak di Laut Merah.

Pembangunan pulau ini diproyeksikan menyerap hingga 3.500 kesempatan kerja di sektor pariwisata dan jasa pelesiran.

Kawasan tersebut rencananya dibuat sedemikian mewah untuk menyambut para pelancong asing pada 2024 mendatang.

“Ini adalah momen penting dari NEOM dan langkah besar di Kerajaan (Saudi) untuk mewujudkan ambisi pariwisata di bawah Visi 2030,” tutur Pangeran MbS.

MbS yang juga merupakan Ketua Dewan Direksi NEOM menyebut pulau itu akan jadi destinasi di mana para pelancong merasakan pengalaman luar biasa dengan keindahan pemandangan di sana.

“Dengan pemandangan yang tersaji di atas dan bawah laut, membuat Sindalah jadi masa depan wisata mewah,” katanya.

Di pulau itu, sedikitnya bakal ada 86 dermaga dengan 413 kamar hotel mewah ditambah 333 unit apartemen kelas dunia. Pulau Sindalah juga akan menjadi area golf kelas atas yang diyakini akan memanjakan para pelancong berdompet tebal.

Proyek ini merupakan satu bagian dari NEOM. Namun, NEOM phanya salah satu dari proyek megah yang dicita-citakan Arab Saudi. Apa saja proyek tersebut, berikut:

NEOM
NEOM sendiri merupakan kota futuristik yang akan dibangun Arab Saudi di Provinsi Tabuk. Wilayah ini berada di barat laut negara yang menghadap Mesir di seberang Laut Merah.

MbS mengklaim Kota Neom akan dibangun seluas 26.500 kilometer (km) di atas tanah gurun yang gersang lengkap dengan teknologi tinggi dan memiliki kapasitas untuk 450 ribu orang pada 2026 serta sembilan juta penduduk pada 2045.

Beberapa proyek ‘gila’ akan dibangun di kota ini di antaranya gedung pencakar langit The Line, kompleks Oxagon, resor di Pulau Sindalah, dan resort ski Trojena.

The Line merupakan gedung pencakar langit berbentuk garis memanjang dengan tinggi 500 meter, selebar 200 meter, dan sepanjang 170 km.

Sementara itu, Saudi juga berencana membangun kota berbentuk segi delapan bernama Oxagon di NEOM yang sebagian wilayahnya dibangun melayang di atas Laut Merah.

Menurut situs mega proyek NEOM, Oxagon akan menjadi struktur di atas permukaan laut terbesar di dunia. Saudi juga berencana menerapkan 100 persen sumber energi bersih di Oxagon seluas 48 km persegi itu.

Amaala
Berikutnya, Amaala, proyek ultra-mewah di pantai Laut Merah yang fokus membangun fasilitas kesehatan, gaya hidup kesehatan, dan meditasi.
Proyek ini akan menawarkan fasilitas mewah di berbagai bidang, seperti seni, budaya, mode, kesehatan hingga olahraga.

Amaala akan dibangun di tanah seluas 4.155 km persegi di pinggir pantai barat laut Laut Merah dengan fasilitas 25 hotel berisikan total 3.000 kamar sampai perumahan pribadi dan apartemen, menurut situs resminya.

Ad Diriyah Gate
Gerbang Diriyah didapuk sebagai ibu kota budaya Saudi. Ad Diriyah, kota penuh sejarah, ini terletak di Provinsi Ar Riyad.

Kota ini akan direvitalisasi untuk menjadi pusat budaya dan sejarah otentik Saudi. Kota Ad Diriyah telah menjadi hub kebudayaan dan sejarah lebih dari 300 tahun dengan kekayaan warisan budaya yang beragam.

Dikutip Arab News, Saudi berencana merevitalisasi kota tempat kelahiran Kerajaan ini menjadi tujuan kelas dunia dengan berbagai fasilitas restoran dan hotel termewah di dunia.

Semua struktur bangunan di kota itu akan dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Najdi.

Al Ula
Al Ula adalah sebuah kota kuno di Medina, barat laut Saudi yang secara historis terletak di rute ‘dupa’. Kawasan yang sebagian diselimuti bebatuan dan gurun ini menjadi ‘museum hidup’ yang memiliki banyak warisan sejarah dan budaya asli Timur Tengah.

Wilayah ini mencakup lebih dari 200 ribu tahun sejarah manusia yang belum dijelajahi, termasuk Kota Hegra di Nabatea yang menjadi situs warisan dunia UNESCO pertama Saudi.

Saudi ingin menjadikan Al Ula sebagai pusat arkeologi, pariwisata, budaya, pendidikan, hingga seni di kawasan.

Padahal, Al Ula menjadi salah satu wilayah yang menurut riwayatnya dihindari Nabi Muhammad di masa lalu.

Al Ula selama ini dikenal sebagai kawasan yang ‘berhantu’. Banyak masyarakat Saudi percaya kawasan itu merupakan tempat jin dan ruh jahat, sehingga harus dihindari.

Saudi dilaporkan sampai menggelontorkan Rp214 triliun untuk membangun Kota Al Ula.