Fakta Gunung Emas Kongo, Dikaitkan dengan Akhir Zaman

5 Fakta Gunung Emas Kongo, Dikaitkan dengan Akhir Zaman

Koin emas peninggalan Romawi yang ditemukan di Italia. (Dok: Italian Ministry of Culture)
Sebuah wilayah pegunungan di Kongo mendadak viral karena berita terbaru. Ini sehabis laporan soal penemuan emas yang terlampau banyak di pegunungan itu.
Hal ini menjadikan daerah itu jadi ramai diserbu para warga dan lebih-lebih group pemberontak. Karena kontroversial, pada akhirnya akses menuju wilayah itu ditutup oleh otoritas setempat.
Lalu apa saja fakta menarik mengenai gunung emas itu? Berikut daftarnya nengutip Unilad

1. Terletak di wilayah terpencil

Gunung emas ini terletak di desa Luhihi, Provinsi Kivu Selatan, Kongo. Luhihi sendiri berada lebih kurang 50 km berasal dari ibu kota provinsi, Bukavu.

2. Ditemukan sejak Februari

Menteri Pertambangan Kivu Selatan Venant Burume tunjukkan gunung emas ditemukan sejak akhir Februari lalu. Tidak lama sehabis penemuan itu, banyak orang termasuk angkatan bersenjata Kongo (FARDC) datang ke wilayah untuk mengusahakan mencari emas-emas itu.

Akibatnya pemerintah setempat mengeluarkan peraturan untuk menghentikan waktu kegiatan penambangan di wilayah tersebut. Dalam sebuah surat perintah pemerintah menginstruksikan pedagang, penambang dan bagian angkatan bersenjata Kongo agar meninggalkan wilayah tambang.

Baca:Gempar Gunung di Kongo! Tanahnya Terkandung 90% Emas

3. Berpotensi punya kandungan 90% emas

Dalam sebuah laporan BBC, dikabarkan bahwa persentase emas yang berada di gunung itu berpotensi raih 90%. Namun hal ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

4. Berpotensi mengakibatkan konflik

Emas jadi sebuah komoditas yang penting untuk jadi bahan pendanaan konflik di negara-negara Afrika. Sebuah penelitian tunjukkan bahwa seringkali group bersenjata terlibat slot777 online login di dalam penambangan dan memaksa orang lain untuk menambang dan juga memungut retribusi yang tinggi berasal dari para penambang itu.

Selain itu group bersenjata termasuk menyelundupkan dan memperdagangkan emas hasil penambangan yang memang ilegal itu. Hasil berasal dari penjualan emas itu lantas digunakan tidak benar satunya untuk belanja senjata dan amunisi, mengamankan logistik peperangan, atau membayar gaji para pejuang.

5. Dikaitkan dengan akhir zaman

Ditemukannya pegunungan ini seringkali dikait-kaitkan dengan datangnya akhir zaman. Ini diyakini bermula berasal dari mengeringnya Sungai Efrat yang beralih jadi gunung emas.

Namun banyak pihak menyangsikan klaim ini. Apalagi wilayah pegunungan ini terlampau jauh berasal dari bibir sungai Efrat.