iQOO 11 5G Lolos TKDN, Siap Debut di Indonesia

iQOO 11 5G telah mengantongi serifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian.

Berdasarkan deskripsi sertifikat TKDN di situs P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri), iQOO 11 5G ini memiliki nilai TKDN 35,98 persen.

Pada situs Kemenperin, setifikat dengan nomor 5459/SJ-IND.8/TKDN/10/2022 diajukan oleh PT.Vivo Indonesia.

Diketahui, sertifikat TKDN ini sudah terbit sejak 17 Oktober 2022 dengan nama merek dan tipe iQOO I2212.

Selain muncul di web P3DN, HP Android iQOO 11 5G dengan nomor model I2212 ini juga sudah mejeng di situs Ditjen SDPPI milik Kementerian Kominfo.

Dengan informasi ini, sudah dapat dipastikan iQOO (dibaca: aiku) atau I Quess On and On akan debut di pasar Indonesia dengan model ponsel kelas premium mereka.

Masih belum diketahui secara pasti tentang spesifikasi HP iQOO 11 5G ini, namun terungkap ponsel ini sudah menggunakan chipset baru Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2.

Untuk pasar Indonesia, perusahaan akan memfokuskan penjualan produknya melalui platform online. Hal ini dilakukan karena iQOO melihat ada perubahan perilaku konsumen yang beralih ke platform online untuk berbelanja.

Berdasarkan prakiraan GlobalData, pasar e-commerce Indonesia akan tumbuh 23,8 persen pada 2022. Pertumbuhan ini juga ditunjang dengan penetrasi internet dan smartphone yang makin luas di Indonesia.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat, HP iQOO akan hadir sejumlah platform e-commerce Indonesia.

“Kami berharap Indonesia dapat menjadi salah satu pasar utama bagi pertumbuhan bisnis kami dalam waktu dekat,” tutur Aaron menutup pernyataannya.

iQOO Buka Akun Medsos Indonesia

Kehadiran iQOO untuk pasar Indonesia memang telah terdengar sejak bulan lalu. Ketika itu, iQOO mengumumkan peluncuran sejumlah akun media sosialnya untuk konsumen Indonesia.

Dalam siaran persnya, dikutip Selasa (18/10/2022), akun-akun media sosial ini akan jadi sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen, membuka ruang diskusi, dan eksplorasi untuk semua terobosan teknologi yang disajikan oleh iQOO.

“Untuk menjawab keinginan dan antusiasme konsumen terhadap gadget, teknologi dan gaming, kini iQOO hadir di sini!” tulis perusahaan dalam pengumuman yang diterima Tekno Liputan6.com.

iQOO hadir untuk mewujudkan antusiasme terhadap teknologi dengan mobilitas tinggi. iQOO menawarkan terobosan teknologi baru untuk memuaskan pasar Indonesia,” kata mereka.

Di keterangan tertulisnya itu, iQOO juga memastikan produk yang bakal diboyong ke Tanah Air adalah lini smartphone-nya.

“Beraksi dengan iQOO! #iQOOIndonesia dan lini smartphone-nya dengan performa luar biasa akan membangkitkan antusiasme terhadap teknologi yang paling mutakhir,” kata mereka.

iQOO sendiri membuka lima akun media sosial untuk konsumen Indonesia yaitu di TikTok iqoo_id, Instagram iqoo_id, Facebook IQOO Indonesia, Twitter @iqoo_id, dan YouTube iQOO Indonesia.

Rilis HP ‘Monster’ ke Indonesia

Lewat keterangan persnya, iQOO mulai menggoda dengan memberikan sedikit bocoran soal HP apa yang akan mereka rilis di Indonesia, dimana perusahaan mengklaim bakal membawa smartphone “monster.”

iQOO mengklaim, jika melihat di Tiongkok dan India, seri flagship seperti iQOO 10 dan 10 Pro, serta mid range seperti iQOO Neo Series dan iQOO Z Series, mendominasi pasar smartphone gaming.

“Kira-kira meninjau dari kebutuhan pasar di Indonesia, monster apa yang akan hadir untuk memuaskan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap smartphone dengan teknologi mutakhir beserta performa yang luar biasa?,” kata mereka.

Perusahaan mengakui, beberapa rumor di media sosial menyebutkan mereka akan membawa lini mid-range ke Indonesia, mengingat daya beli konsumen yang lebih mampu menjangkau smartphone di kelas ini.

Mereka juga mengatakan, beberapa warganet di kolom komentar media sosial berharap Neo Series yang akan dihadirkan di Indonesia.

Dalam pernyataannya ini, iQOO juga menyebutkan kolaborasinya dengan BMW, meski mereka tidak lebih lanjut menyebutkan lini apapun, atau kapan jadwal dan pengumuman soal peluncuran HP-nya.