Jaga Kesehatan dengan Aplikasi untuk Smartphone Android dan iOS Ini

Hidup di era modern seperti sekarang kerap membuat kita luput menjaga kesehatan akibat banyaknya beban dan tanggung jawab yang dihadapi. Tak sedikit juga pihak yang menuding teknologi sebagai penyebab menurunnya kualitas kesehatan manusia. Hal ini karena teknologi dinilai sebagai faktor utama berkurangnya interaksi langsung antarmanusia. Contrary to that belief, beberapa aplikasi smartphone berikut justru dibuat dengan tujuan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan mental. Apa saja?

Aplikasi Kesehatan Smartphone Android dan IOS

Aplikasi Informasi Kesehatan – WebMD & iPharmacy

Situs kesehatan terkenal WebMD kini memiliki versi app yang didesain untuk membantu Toppers mengakses berbagai informasi dan artikel kesehatan on the go. Pengguna bisa mengecek tanda-tanda penyakit, mencari informasi mengenai obat yang tepat untuk suatu kondisi medis, juga membaca cara-cara penanganan pertama.

Aplikasi WebMD bahkan punya satu fitur bernama “Symptom Tracker” untuk membantu memutuskan apakah kondisi kesehatanmu sudah butuh penanganan lebih lanjut ke dokter atau tidak. Sementara itu, jika Toppers butuh aplikasi smartphone yang lebih komprehensif untuk informasi obat-obatan, coba download aplikasi iPharmacy. Dengan database yang besar, iPharmacy bisa membantu memutuskan jenis obat yang tepat, di mana mencarinya, bagaimana aturan yang benar dalam mengonsumsinya, bahkan harga pasaran untuk obat-obat tersebut.

Mental Health – Breathe2Relax & SAM: Self Help for Anxiety Management

Ada banyak aplikasi yang didesain untuk membantu penggunanya menjaga kesehatan mental, dua diantaranya adalah Breathe2Relax dan SAM: Self Help for Anxiety Management.

Breathe2Relax adalah app yang berguna bagi Toppers yang sering merasa cemas, mengalami mood swing, atau gampang marah. Ketika ketiga hal ini terjadi, aplikasi kesehatan satu ini akan memberi instruksi untuk melakukan teknik pernapasan diafragma (belly breathing) yang bisa mengurangi stress. Aplikasi kesehatan ini juga menyediakan video dan timed cycles sebagai pemandu dalam mencoba teknik pernapasan, dilengkapi dengan alunan lagu dan background yang menenangkan.

Sementara itu, SAM adalah aplikasi kesehatan yang dibuat oleh para ahli dari University of West of England (UWE) untuk Toppers yang ingin mengetahui cara mengontrol rasa cemas dan khawatiran berlebih. SAM bisa melacak tingkat kecemasan, penyebab kecemasan, juga membuat personal tool kit untukmu menghadapinya. Aplikasi kesehatan ini juga menyediakan closed community di mana kamu bisa berinteraksi atau meminta bantuan pada orang lain yang pernah mengalami hal yang sama.

Tidur Lebih Baik – Calm & Pzizz

Tidur dengan durasi yang cukup dan kualitas baik sifatnya krusial bagi kesehatan tubuh manusia. Terkadang, dua hal ini tak bisa dicapai karena Kalian memiliki banyak pikiran dan kesulitan tenang ketika ingin tidur. Apabila Toppers membutuhkan aplikasi kesehatan untuk membantu tidur lebih baik, coba download aplikasi kesehatan Calm dan Pzizz.

Calm terdiri dari dua fitur utama, Calm dan Sleep. Fitur Calm berguna untuk membantu berpikir positif dan bermeditasi, sementara Sleep berguna untuk membantu menenangkan diri. Aplikasi kesehatan kedua untuk membantu tidur yang bisa Toppers coba adalah Pzizz, yang mengkombinasikan pemrograman neurolinguistic, musik yang menenangkan, efek suara, juga binaural beats untuk membantu merasa rileks.

Mengatur Berat Badan – LoseIt! & MyFitnessPal

Kalian ingin mengurangi atau menaikkan berat badan? Download aplikasi kesehatan bernama LoseIt! dan MyFitnessPal. Dua aplikasi ini dapat membantu mengontrol berat badan. Caranya dengan merekam pola makan dan asupan kalori pengguna, menyediakan diet plan, dan gerakan-gerakan olahraga mudah yang dapat dilakukan di waktu luang. Aplikasi diet ini juga dilengkapi dengan database lengkap tentang informasi nutrisi dan kalori dalam makanan.

Semakin lama digunakan, aplikasi kesehatan ini akan mengingat kebiasaan makan pengguna dan membuatkan diet plan yang sesuai dengan pola makan. Hal ini akan membantumu mencapai tujuan utama: mengurangi atau menambah berat badan. LoseIt bahkan memiliki fitur yang bisa mengingatkan Toppers mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi agar pola makanmu tetap pada jalur yang benar.