Jangan Hapus Aplikasi! Ini 6 Tips Mengosongkan Penyimpanan di Smartphone

Siapa yang tidak kesal ketika penyimpanan internal atau memori smartphone penuh dan mengharuskan kita sebagai pemiliknya menghapus beberapa aplikasi yang ada. Bahkan, terkadang file foto atau video yang kita miliki harus ikut dihapus.

Seperti diulas oleh Caranesia.co.id, pasalnya penyimpanan internal atau eksternal alias memori smartphone yang penuh bisa menyebabkan performa perangkat tersebut menjadi lemot. Terkadang, bisa menghambat aktivitas kita sebagai pengguna smartphone tersebut.

Namun, sebagai pengguna smartphone, kalian tidak perlu kesal atau pun risau. Karena ada banyak solusi jitu untuk mengosongkan memori penyimpanan data yang sudah penuh tanpa menghapus aplikasi apa pun yang dimiliki. Untuk itu, simak beberapa tips di bawah ini hingga tuntas!

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
Menghapus Cache

Dikutip dari Dais.co.id, cara pertama yang bisa kalian gunakan untuk mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yakni menghapus cache. Apa itu cache? Cache merupakan sebuah data yang sifatnya hanya disimpan sementara di dalam sebuah memori smartphone.

Memindahkan File Ke microSD Card

Dengan cara yang satu ini, kalian dapat memindahkan semua file-file besar ke dalam kartu microSD atau yang sering kita sebut microSD card, dan untuk file kecil kalian bisa memanfaatkan ruang penyimpanan di smartphone. Dengan begitu, kalian tidak perlu lagi repot-repot menghapus aplikasi.

Mencadangkan File Foto ke Google Photos

Berfoto merupakan kebiasaan umum yang dilakukan ketika berada di tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, atau pun di tempat-tempat yang memang menurut kalian menarik. Namun ketika kalian terlalu sering melakukan hal tersebut ini akan membuat memori smartphone jadi penuh.

Jangan khawatir! Kalian bisa mencadangkannya ke Google Photos. Menariknya, kalian bisa mencadangkan foto dengan jumlah yang tidak terbatas ke dalam Google Photos. Dengan begitu kalian bisa mengurangi ruang penyimpanan memori smartphone tanpa harus menghapus aplikasi.

Menghapus File Musik yang Disimpan

Terlalu banyak menyimpan file musik bisa menyebabkan ruang penyimpanan jadi penuh. Solusinya, hapus file-file musik tersebut. Lantas bagaimana jika kalian ingin mendengarkannya? Sebagai gantinya, kalian bisa mendengarkan musik lewat layanan musik streaming yang tersedia.

Menghapus File Sampah Menggunakan Aplikasi

Alternatif lain untuk mengosongkan ruang penyimpanan di smartphone, gunakan aplikasi yang bisa untuk menghapus file sampah alias junk file di dalam smartphone kalian. Dengan cara ini, kalian bisa dengan mudah mengosongkan ruang penyimpanan di smartphone.

Memindahkan File ke Hard Disk atau SSD di Laptop

Tips lainnya untuk mengosongkan memori peyimpanan di smartphone, pindahkan file-file yang masih kalian butuhkan ke hard disk atau SSD di laptop. Jika kalian ingin menggunakan file tersebut, masih bisa ditemukan di perangkat kerja lainnya, dalam hal ini laptop yang kalian miliki.