Jenis-Jenis Sumber Sejarah Berdasarkan Sifat & Bentuknya

Jenis-Jenis Sumber Sejarah Berdasarkan Sifat & Bentuknya

Jenis-Jenis Sumber Sejarah
Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah! Sebenarnya apa sih itu sejarah? Sejarah adalah suatu ilmu ilmu yang disusun atas hasil penyelidikan lebih dari satu moment yang mampu dibuktikan bersama dengan bahan kenyataan. Sejarah didefinisikan sebagai catatan mengenai penduduk umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi terhadap watak/sifat penduduk itu. Maka dari itu, penting banget untuk kita memahami sejarah. Oleh gara-gara itu, terhadap artikel ini bakal dijelaskan mengenai pengertian dan jenis-jenis sumber peristiwa beserta contohnya. Yuk simak penjelasannya!

Pengertian Sumber Sejarah

Sumber peristiwa adalah segala sesuatu yang mengandung Info mengenai moment sejarah. Nah, Info yang dijadikan sumber peristiwa perlu berasal dari kegiatan manusia di masa lalu. Jadi, kalau nggak tersedia kaitannya bersama dengan manusia, itu bukan sumber peristiwa ya.

Terus faedah sumber peristiwa itu apa? Fungsi sumber peristiwa sudah pasti sebagai sarana penyampaian Info mengenai suatu moment peristiwa di masa lalu. Kalau nggak tersedia sumber sejarah, kita nggak bakal memahami kehidupan di zaman penjajahan, kerajaan Hindu Buddha, hingga masa kemerdekaan.

Manfaat Sumber Sejarah

1. Menjaga tradisi dan pelestarian Info sejarah

Kamu memahami nggak, bangsa Tiongkok itu terlalu bahagia menulis, lho. Bahkan, tradisi ini telah dilakukan dari th. 1600 SM. Jadi, seluruh kegiatan yang mereka melakukan di masa lalu itu direkam melalui tulisan. Nah, tradisi yang dilakukan dari masa lalu itu tetap terus dilakukan oleh orang Tiongkok hingga sementara ini. Maka dari itu, sumber peristiwa terlalu penting untuk menjaga tradisi dari masa lampau.

2. Sumber Info di dalam penelitian sejarah

Saat kita inginkan melakukan suatu penelitian sejarah, sudah pasti kita perlu sumber sejarah. Nah, sumber peristiwa ini berfaedah supaya kita mampu mengungkapkan kisah-kisah di masa lalu.

Baca Juga: Yuk, Mengenal 4 Jenis Historiografi di dalam Sejarah

Setelah anda memahami pengertian dan faedah sumber sejarah, sekarang kita bahas yuk jenis-jenis sumber peristiwa berdasarkan karakter dan bentuknya.

Jenis Sumber Sejarah Berdasarkan Sifatnya
Berdasarkan sifatnya, sumber peristiwa dibedakan jadi dua yakni sumber primer dan sumber sekunder. Bedanya apa?

1. Sumber Primer
Sumber peristiwa primer berasal dari kesaksian orang yang mengalami, menyaksikan, atau mendengar langsung suatu moment sejarah. Jadi, sumbernya asli dan mampu jadi bukti langsung dari pelaku dan saksi sejarah. Maka dari itu, sumber primer berfaedah sebagai rujukan utama di dalam penelitian sejarah.

Kelebihan sumber primer:

Bersifat asli gara-gara berasal dari pelaku dan saksi peristiwa di zaman tersebut.
Kekurangan sumber primer:

Ketersedaan sumber relatif terbatas
Akses sumber sulit
Ingatan pelaku dan saksi peristiwa menjadi berkurang
2. Sumber Sekunder

Sementara itu, sumber sekunder dihasilkan dari penafsiran dan pemahaman orang lain yang bukan pelaku atau saksi sejarah. Orang selanjutnya tidak mengalami secara langsung moment peristiwa tersebut. Untuk itu, sumber sekunder fungsinya adalah sebagai pelengkap Info dari sumber primer dan jadi rujukan awal untuk penelitian sejarah.