Jokowi soal Wacana Kaesang Maju Pilkada 2024: Tanyakan Partai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut wacana pencalonan Kaesang Pangarep di Pilkada 2024 sebagai calon Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, adalah urusan partai.

“Tanyakan ke partai,” kata Jokowi, di Karawang Jawa Barat, Rabu 8 Mei 2024.

Ketika ditanya apakah dirinya akan memberikan dukungan kepada Kaesang Pangarep yang adalah Ketua Biasa Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu, Jokowi meminta wartawan menanyakan seputar hal tersebut kepada partai.

“Tanyakan ke PSI, itu urusan partai,” jelasnya.

Jokowi juga ogah merespon wacana mahjong ways majunya Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng.

Kepala Negara meminta wartawan menanyakan hal itu kepada partai atau yang bersangkutan.

“Itu bantu ditanyakan kepada partai atau kepada yang bersangkutan. Sedikit-sedikit urusan Plkada ditanyakan ke saya, bagaimana,” ujarnya.

Ketua Biasa Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyebut bakal memandang secara khusus dulu dinamika politik di daerah guna memutuskan maju atau tak dirinya di kancah Pilkada 2024.

Dia mengaku saat ini tengah memanfaatkan waktu untuk menjalankan konsolidasi dengan partai-partai lain di Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pilpres 2024 adalah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kita kemarin baru merayakan kemenangan Pak Prabowo dan Mas Gibran ini kini waktunya kami untuk konsolidasi,” kata Kaesang.

PSI Buka Pendaftaraan Pilkada untuk Masyarakat
Dia juga mengatakan bahwa PSI kini telah membuka registrasi bagi masyarakat yang ingin maju sebagai bakal calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2024. Dia mengaku menargetkan PSI untuk turut terlibat dalam Pilkada di semua daerah di Indonesia.

“Kita ada beberapa kader kami yang kebetulan duduk di sini juga akan mendaftar juga di beberapa kota, kabupaten, maupun provinsi,” katanya. Walau begitu, ia mengaku telah menyiapkan nama yang akan menjadi bakal calon kepala daerah, secara khusus untuk Pilkada Jakarta. Dia mengaku bakal mengumumkan hal tersebut di saat yang ideal.