Masjid Ivan Gunawan di Uganda Rupanya Selama Ini Menorehkan Sejarah Baru

Nama Ivan Gunawan tengah harum sesudah merampungkan pembangunan masjid di Uganda, salah satu negara di kawasan Afrika Timur. Ada rasa bangga dan syukur dalam hati Ivan Gunawan.

Belum lama ini, Ivan Gunawan mempersembahkan seluk beluk pembangunan masjid yang didirikan di Ruwabarangga, Uganda Barat. Kepedulian kepada umat Muslim dan warga sekitar dibeberkan melalui pembangunan masjid dan sumur.

Seorang sahabat dipercaya membuat desain masjid. Alhasil, masjid Ivan Gunawan di Uganda menorehkan sejarah tersendiri dalam hal tampilan, terpenting dari aspek warna.

Saya kirim desain dari Indonesia. Saya minta sahabat aku yang dekor rumah aku, sebuah desain masjid. Jadi, aku gunakan mahjong ways 2 desain itu,\\\” kata Ivan Gunawan dalam perbincangan di kanal Youtube Eko Patrio, sebagian waktu lalu, kami kutip Senin (13/5/2024).

Sejarah yang Terukir dari Masjid Ivan Gunawan

Ivan Gunawan mengklaim masjid yang didirikannya mengukir sejarah karena menjadi satu-satunya yang berwarna putih.

\\\”Berdasarkan sahabat aku di Uganda, masjid yang warnanya putih hanya punya aku. Di sana, masjid warnanya oranye, hijau, kuning. Seandainya aku maunya warna putih,\\\” terang Ivan Gunawan menyambung.

Niat yang Sempat Nyaris Tidak Terwujud

Ivan Gunawan juga mempersembahkan bahwa niat mendirikan masjid sudah lama muncul. Tetapi hal itu berproses lama dan nyaris tidak terwujud karena elemen lokasi.

\\\”Saya memang pernah punya nazar: Gue mau punya masjid. Tetapi, pelaksanaannya ideal mau bikin masjid di Indonesia itu enggak ketemu titiknya terus,\\\” terang Ivan Gunawan.

Awal Mula Menemukan Lokasi
Alhasil, Ivan Gunawan memperhatikan uploadan dari sebuah institusi amal mengenai lokasi yang kesusahan air bersih di Uganda. Dari situlah dia mendonasi pembangunan sumur sampai tahu Desa Ruwabangga kekurangan fasilitas salat. Progres pembangunan masjid pun dimulai.