Mumi Tertua dan Terlengkap Ditemukan di Makam Firaun

Tim ahli arkeologi Mesir menemukan sebuah makam Firaun di dekat ibu kota Kairo yang berisi mumi tertua dan terlengkap yang belum ditemukan di negara itu.

Mumi berusia 4.300 tahun itu ditemukan di dasar lubang sepanjang 15 meter di kelompok makam dinasti kelima dan keenam yang baru-baru ini ditemukan di dekat Piramida Bertingkat di Saqqara, kata kepala tim penggalian Zahi Hawass, kepada Reuters.

Mumi seorang pria bernama Hekashepes, berada di sarkofagus batu kapur yang telah disegel dalam lesung. “Mumi ini mungkin merupakan mumi tertua dan terlengkap yang ditemukan di Mesir hingga saat ini,” kata Hawass, salah satu mantan menteri barang antik Mesir, dalam sebuah pernyataan.

Di antara makam lain yang ditemukan adalah milik Khnumdjedef, seorang inspektur pejabat, pengawas bangsawan, dan seorang pendeta pada masa pemerintahan Unas, firaun terakhir dari dinasti kelima. Makam itu dihiasi adegan kehidupan sehari-hari.

Makam lain milik Meri, “penjaga rahasia dan asisten pemimpin besar istana”. Masih menurut pernyataan tersebut, banyak patung ditemukan di antara makam, termasuk satu yang mewakili seorang pria dan istrinya serta beberapa pelayan.