Pendapatan Hero Supermarket Naik 31% Tembus Rp 3,2 Triliun

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) HERO Group hingga kuartal III 2022 mencatat pendapatan bersih sebesar Rp 3,23 triliun meningkat 31% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Pertumbuhan di kuartal III 2022 tidak lepas dari penerapan strategi yang tepat oleh HERO Group dan faktor eksternal seperti pelonggaran pembatasan terkait Covid-19 dan kembali normalnya aktivitas masyarakat,” kata Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrik Lindvall dalam acara paparan publik HERO.

Berdasarkan laporan keuangan HERO hingga kuartal III 2022, kenaikan pendapatan tersebut juga diiringi dengan kenaikan laba bruto perseroan sebesar Rp 1,33 triliun dari sebelumnya sebesar Rp 1,21 triliun. Hingga 30 September 2022 Hero mencatatkan jumlah aset sebesar Rp 6,69 triliun meningkat dibandingkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 6,27 triliun.

Di sisi lain, Guardian mencatatkan pertumbuhan dua digit pada penjualan like-forlike selama periode tersebut. Selain itu IKEA juga telah mengalami peningkatan penjualan di kuartal III 2022. “Kami senang dengan pencapaian yang kami raih selama sembilan bulan pertama tahun 2022 ini, terlebih setelah tahun sebelumnya menghadapi periode yang menantang,” ucap

Patrik menambahkan pada tahun 2022, IKEA membuka dua toko baru, yakni di Mal Taman Anggrek Jakarta yang diluncurkan April silam dan di Surabaya, Jawa Timur yang rencananya akan dibuka pada akhir tahun ini.

Sebagai bagian besar dari target dalam rencana bisnis perusahaan, Hero Supermarket fokus untuk memperkuat portofolio bisnis pada tiga merek, yaitu Hero Supermarket, Guardian, dan IKEA. Masing-masing merek tersebut telah melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya pada tiga keperluan berbeda, termasuk retail modern, kesehatan dan kecantikan, serta peralatan rumah tangga.

Guardian Health & Beauty saat ini sedang memperluas jangkauannya dan sejauh ini sudah memiliki 296 toko per Oktober 2022 di berbagai kota besar di pulau-pulau di Indonesia. Kemudian, Guardian berencana meluncurkan Guardian Apps pada akhir tahun guna mempermudah konsumen untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan kecantikan.

“Guardian terus berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas bagi konsumen, memperkuat proposisi nilainya, dan mengoptimalkan rangkaian produk yang disesuaikan dengan demografi pelanggan tertentu,” tuturnya.

Sedangkan IKEA melalui TERAS Indonesia menunjukkan dukungan Hero Supermarket untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dengan cara menyediakan ruang pameran secara gratis di toko IKEA. Ruang tersebut diberikan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar toko IKEA. TERAS Indonesia telah memberikan ruang bagi 900 UMKM dan menghasil nilai keuntungan sebesar Rp 2 miliar bagi UMKM.