Samsung Galaxy A14 5G Sudah Kantongi Sertifikasi TKDN

Seperti yang sudah kita tahu bersama, awal Januari lalu ada gelaran CES 2023 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat. Salah satu pabrikan smartphone yang turut memperkenalkan perangkatnya adalah Samsung, yang memperkenalkan Galaxy A14 5G.

Menariknya, smartphone ini pun rupanya sudah mengantongi sertifikasi TKDN dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Dari sertifikat tersebut, perangkat yang diduga kuat sebagai Galaxy A14 5G ini memiliki nomor model SM-A146P dengan nilai TKDN mencapai 39,10 persen.

Ya! Tampaknya tak hanya model 5G yang akan melenggang resmi di Indonesia. Samsung juga akan meluncurkan Galaxy A14 model 4G. Hal ini pun juga diperkuat sertifikasi TKDN yang sudah dikantongi, dengan nomor model SM-A145F dan memiliki nilai TKDN sebesar 37,60 persen.

Sejauh ini, spesifikasi yang sudah bisa kita ketahui adalah Galaxy A14 5G. Smartphone ini akan punya layar 6,6 inci dan memiliki refresh rate 90Hz. Bezelnya tampak masih begitu tebal, ala-ala smartphone terjangkau dan di bagian belakang akan ditutup dengan panel plastik.

Sementara itu, untuk dapur pacunya, Samsung akan menyematkan SoC Dimensity 700 dari MediaTek yang memiliki teknologi fabrikasi 7nm. Smartphone ini akan berjalan dengan sistem operasi Android 13, yang sudah dilapisi antarmuka One UI Core 5.

Pilihan RAM yang ditawarkan adalah 4 GB dan 6 GB, dengan penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB. Tetapi, belum ada kabar apakah Samsung nantinya akan membawa seluruh opsi yang ditawarkan atau hanya memasarkan pilihan RAM serta ROM tertinggi, kita tunggu saja!

Tentu saja, sektor lainnya yang juga harus kalian tahu adalah dukungan kameranya. Di bagian depan, Samsung akan membekali Galaxy A14 5G dengan kamera 13 MP f/2.0. Dikatakan kamera ini mendukung perekaman video 1080p dengan frame rate 30fps.

Sementara, di bagian belakang, akan ada tiga buah kamera yang disusun secara vertikal di pojok kiri atas. Kamera utamanya adalah 50 MP dan ditemani dua lensa lainnya, masing-masing adalah kamera makro 2 MP dan kamera kedalaman 2 MP untuk foto bokeh.

Untuk urusan catu daya, Galaxy A14 5G akan diperkuat dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan memiliki dukungan pengisian cepat 15W. Untuk keamanan, smartphone ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang diletakkan di sisi samping, tepatnya pada tombol daya.

Saat pertama kali diperkenalkan di CES 2023, Galaxy A14 5G datang dengan pilihan warna Black, Light Green, Dark Red, dan Silver. Untuk harganya sendiri, smartphone tersebut dipasarkan dengan harga sekitar 200 euro atau Rp3,2 jutaan. Namun, belum ada kabar resmi untuk harga di Indonesia.