Samsung uji One UI 5.1 pada Galaxy S22, sebelum rilis di Galaxy S23

Samsung sedang bersiap untuk peluncuran seri Galaxy S23 yang dijadwalkan rilis pada 1 Februari 2023. Sejalan dengan itu, perusahaan tampaknya sedang menguji versi One UI terbaru untuk seri kelas atas tersebut, sebelum peluncuran tiba.

Dilaporkan oleh SamMobile (28/12), Samsung saat ini sedang menguji One UI 5.1 pada Galaxy S22, Galaxy S22+, dan Galaxy S22 Ultra. Pembaruan One UI ini memiliki versi firmware S90XEXXU2CVL7, yang terlihat di server Samsung.

Menurut spekulasi, One UI 5.1 akan dirilis secara penuh ke seri Galaxy S22 beberapa hari setelah peluncuran seri Galaxy S23. Ini mengikuti strategi Samsung yang meluncurkan perangkat lunak baru pada seri ponsel terbarunya.

Meskipun belum diketahui secara resmi fitur apa saja yang akan dibawa One UI 5.1, namun perusahaan telah mengisyaratkan beberapa bulan lalu bahwa mereka telah mencadangkan beberapa opsi penyesuaian layar kunci. Ini akan didasarkan pada Android 13 (mirip dengan One UI 5.0).

Perusahaan akan menghadirkan desain widget pemutar media baru Android 13 di area notifikasi, gestur belakang prediktif (predictive back gesture), pencerminan layar sebagian (partial screen mirroring) dan peningkatan pada bilah tugas.

Adapun, peluncuran One UI 5.1 ke jajaran smartphone Samsung diharapkan dapat dilakukan dengan cepat, seperti halnya saat perilisan One UI 5.0.