Sebuah Paket Hadiah dari Ukraina Meledak di Kantor Polisi Polandia

Kepala polisi Polandia terluka setelah hadiah yang diberikan oleh pejabat Ukraina meledak di markas besarnya di Warsawa. Jarosław Szymczyk menderita luka ringan setelah membuka hadiah tersebut di kantornya.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Polandia, paket hadiah itu meledak sekitar pukul 7.50 pagi. “Seorang pegawai sipil juga terluka ringan dalam ledakan itu,” kata kementerian tersebut dikutip laman Anadolu Agency.

Tidak ada informasi tentang isi hadiah yang dibagikan. Namun laporan lokal menyatakan itu adalah peluncur granat. Szymczyk diberi hadiah pada kunjungan baru-baru ini ke Ukraina. Polandia telah meminta penjelasan, namun Kyiv belum membuat pernyataan publik atas insiden tersebut.

Dilansir BBC, hadiah itu adalah hadiah dari salah satu kepala polisi Ukraina dan dinas darurat negara yang dikunjungi Szymczyk beberapa hari sebelumnya. Insiden itu terjadi sebulan setelah serangan rudal selama serangan oleh Rusia di Ukraina menewaskan dua orang di Polandia dekat perbatasan Ukraina.

Kepala NATO Jens Stoltenberg mengatakan rudal itu kemungkinan besar adalah pertahanan udara Ukraina. Namun kesalahan atas kematian itu terletak pada Rusia karena serangannya terhadap Ukraina. Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan pada saat itu bahwa kematian tersebut merupakan kecelakaan.