Beranda Bisnis Tertarik Investasi Reksa Dana? Kenali Berbagai Kelebihannya

Tertarik Investasi Reksa Dana? Kenali Berbagai Kelebihannya

164
0
Tertarik Investasi Reksa Dana? Kenali Berbagai Kelebihannya
Tertarik Investasi Reksa Dana? Kenali Berbagai Kelebihannya

Meski investasi sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, tak sedikit orang-orang yang masih belum mengetahui manfaat dari investasi. Padahal, investasi pada instrumen yang tepat bisa meningkatkan kualitas hidup, bahkan bisa memberikan kesempatan untuk memperbaiki finansial. Untuk investasi jangka panjang, salah satu instrumen yang bisa dicoba adalah reksa dana.

Ada beberapa poin yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan berinvestasi, salah satunya memahami kelebihan dari reksa dana terlebih dahulu.

Prosesnya cukup mudah

Investasi pada instrumen reksa dana adalah investasi yang dilakukan lewat perantara perusahaan reksa dana. Proses investasi ini cukup mudah karena hanya perlu mengumpulkan uang untuk dikelola oleh manajer investasi dan kemudian uang tersebut diinvestasikan ke pasar uang.

READ  Listrik 7 Juta Rumah di Ukraina Padam Buntut Serangan Rudal Rusia

Menawarkan return lebih tinggi

Berbeda dengan investasi pada instrumen deposito, di mana keuntungan yang didapatkan sudah ditetapkan sejak awal dengan suku bunga bank berkisar antara 4%-5% saja. Berbeda dengan deposito, pada reksa dana kesempatan untuk mendapatkan return atau keuntungan lebih tinggi dari deposito hingga di atas 10%.

Bisa dimulai dengan modal kecil

Pada reksa dana, Anda bisa memulai dengan modal minimal. Umumnya, jika berinvestasi deposito di bank, Anda harus menaruh uang minimal Rp 5 juta hingga Rp 10 juta untuk bisa memiliki deposito. Sedangkan pada reksa dana, untuk penjual reksa dana konvensional biasanya minimal uang yang harus Anda setorkan untuk investasi yaitu di Rp100.000. Tetapi jika Anda berinvestasi melalui Bukalapak dengan BukaReksa, minimal uang untuk investasi sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 10.000.

READ  Badan Otorita Happy Investor Lokal Dominan di IKN Nusantara

Pencairan dana lebih fleksibel dan tanpa denda

Pencairan dana di deposito, tidak bisa diambil sesuka hati. Ada jangka waktu di deposito yang harus Anda penuhi terlebih dahulu sebelum dana yang Anda investasikan bisa diambil tanpa harus terkena denda. Denda di deposito akan dikenakan bila Anda mengambil dana sebelum memasuki tanggal jatuh tempo. Jadi, proses pengambilan dana deposito tidak fleksibel. Sementara pada reksa dana, semua produk investasinya memberikan Anda kesempatan untuk mengambil dana dengan lebih fleksibel. Anda bisa mengambil dana kapan saja tanpa harus terpaku dengan jangka waktu ditetapkan dan harus dipenuhi lebih dulu.

READ  Aman Palestin Salurkan Kursi Roda di Hari Disabilitas Internasional

Tidak memiliki jangka waktu

Sebelum memutuskan untuk investasi deposito, Anda tentunya harus merencanakan dengan matang investasi tersebut dan harus memastikan bahwa dana tersebut tidak diperlukan dalam periode waktu yang sudah Anda pilih. Hal ini agar Anda tidak terkena denda jika ingin mengambil dana sebelum waktu jatuh tempo. Namun, bagaimana bila mendadak Anda tiba-tiba membutuhkan uang tersebut? Di sini lah kelebihan dari investasi reksa dana karena dapat dicairkan kapan pun tanpa terkena denda.