Tinjau Pasar di Karawang, Jokowi Ungkap Harga Cabai sampai Bawang Merah Telah Turun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau situasi harga dan stok komoditi pangan di Pasar Baru di Karawang. Berdasarkan dia, harga masih dalam status bagus dan tidak ada situasi sulit dengan konsumen.

“Kita cek untuk harga utamanya cabai, beras, bawang putih, bawang merah semuanya kondisinya sudah turun (harga), ketika slot gacor 777 ini sudah Rp 38 ribu sampe Rp 40 ribu,” kata presiden terhadap awak media ketika kunjungan kerja di Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

Kecuali itu, lanjut Jokowi yaitu soal beras yang ketika ini harganya ada di angkat Rp 12 ribu sampai Rp 13 ribu untuk ragam lokal. Ia meyakini, harga itu yaitu angka yang bagus dapat diterima pembeli.

“Aku kaprah harganya bagus, artinya dari angka inflasi juga akan turun kan di bulan kemarin,” turur Jokowi.

Senada dengan harga, stok beras jelang musim kemarau juga dipastikan Jokowi tidak ada situasi sulit. Sebab berdasarkan laporan diterima, stok beras di Bulog ada 1,6 juta ton yang lazimnya cuma ada di angka 1,2 atau 900 ribu ton.

“Stok kita itu ketika ini 1,6 (ton) dan ini bagus,” yakin presiden.

Berhubungan kemarau yang disinggung, kepala negara juga sudah mengantisipasi dengan membangun dan membuat sumur pompa di titik yang kemungkinan akan kekurangan air.

“Terutam di titik-titik yang berhubungan dengan pertanian, dengan beras itu sudah dimulai oleh kementerian pertanian dan kementerian PU membuat sumur pompa,” Jokowi menandasi.

Bertolak ke Karawang
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Rabu, (8/5/2024).

Mengutip siaran pers Kantor Sekretariat Presiden, kunjungan kepala negara yaitu dalam rangka mensahkan tambak ikan hasil budidaya.

“Presiden bertolak lewat Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Kepala Negara lepas landas dengan memakai helikopter Super Puma TNI AU, sekitar pukul 07.20 WIB menuju Karawang,” tulis siaran pers, Rabu (8/5/2024).

Perjalanan presiden terbilang singkat di udara, karena jaraknya yang tidak terlau jauh. Sesampainya di Helipad Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Desa Pusakajaya Utara, Kabupaten Karawang, RI-1 langsung menuju lokasi peresmian dengan memakai mobil.

“Di sana, Presiden Jokowi akan mensahkan Modeling Kawasan Tambak Budi Tenaga Ikan Nila Salin,” ungkapnya dalam siaran pers.